TENTANG MINUM KOPI

Apakah Minumkopi.com itu?

Minumkopi.com adalah situsweb yang berusaha menjadi ‘kedai kopi bersama’, tempat orang-orang berkumpul, saling berbagi informasi dan pengalaman tentang kopi, kuliner, dan gaya (hidup).

Kopi, menyajikan segala informasi tentang kopi. Dari sektor hulu hingga hilir dari komoditas kopi, maupun pengalaman dari orang-orang yang berkecimpung dengan kopi. Bisa pula menyajikan resensi buku atau film, dan apa saja yang menjadikan kopi sebagai obyek pengetahuan.

Kuliner, menyajikan segala informasi tentang kuliner. Di sini tidak ada batasan kuliner seperti apa yang disajikan, bisa makanan, minuman, atau kudapan. Bisa pula pengalaman dalam menyicip menu di suatu lokasi atau pertemuan dengan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia kuliner.

Gaya, menyajikan informasi tentang gaya hidup. Setelah minum kopi atau makan makanan yang enak, tanpa dilanjutkan dengan berkreativitas sepertinya ada yang kurang. Karena itu, kami membuka ruang untuk berbagai informasi dan pengalaman dari menghadiri kegiatan-kegiatan kreatif, entah itu pertunjukkan teater, pentas musik, atau pameran senirupa, dan lain sebagainya.

Kenapa kopi, kuliner, dan gaya (hidup)?

Karena bagi kami, perpaduan antara kopi yang enak, makanan yang sedap, dan kemudian berkreativitas adalah jalan mencapai kebahagiaan.

Bagaimana perjalanan situsweb Minumkopi.com?

Pada mulanya pembuatan website ini diinisiasi oleh dua orang: Puthut EA dan Arys Aditya pada 2011. Setahun berselang, datanglah seseorang yang bersedia membuatkan situsweb ini, Purwoko Hendro Winarno.

Kemudian, dalam perjalanannya pengelolaan situs website ini Arys Aditya memilih keluar karena mesti fokus bekerja sebagai wartawan. Sebagai gantinya, masuklah Nody Arizona dan Nuran Wibisono pada 2013. Tak lama berselang, bergabung pula Rizki Akbari Savitri yang membuat dapur redaksi jadi dinamis.

Pada 2016, dapur redaksi kami kedatangan anak-anak muda dengan semangat meletup-letup, mereka ialah: Aditia Purnomo dan Thohirin. Dengan bergabungnya tenaga baru, tentu akan membuat dapur redaksi lebih hangat. Di tahun ini, kami jauh lebih optimis. Dan senantiasa ada cara baru untuk menikmati hidup.

Jangan lupa bahagia!

Apakah masih terbuka peluang bagi orang-orang lain untuk ikut bergabung dengan awak redaksi dalam membuat pondasi bagi situsweb ini?

Tentu saja. Kami mengundang siapa saja yang setuju dan peduli dengan visi Minumkopi.com untuk terlibat sejak awal. Kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan gagasan dan bekerja bersama-sama. Sebab pada mulanya ini soal kecintaan kepada kopi, kuliner, dan segala hal yang berbau kreativitas.

Siapa yang bisa menulis dan berkontribusi di Minumkopi.com?

Semua orang. Bahkan yang tidak minum kopi pun bisa bergabung dan memberikan kontribusinya, kalau ia memang mempunyai informasi dan pengalaman tentang kopi, kuliner, dan gaya (hidup).

Bagaimana cara berkontribusi?

Kirimkan tulisan, foto, atau video untuk situs web ini. Tentang apa saja soal kopi, kuliner, dan gaya (hidup). Bagikan informasi dan pengalaman Anda tentang ketiga hal itu di sini.

Situs ini dibuat dengan niatan yang baik dan berusaha berproses dengan baik. Kita akan bisa bersama-sama melihat hasilnya kelak, dan alangkah indahnya jika itu karena hasil kerjasama dan kontribusi kita yang dilakukan secara bersama-sama pula.

Apakah ada standar kualitas agar bisa dimuat di situsweb ini?

Tentu saja ada standar itu. Tetapi tidak usah khawatir, sebab jika memang tulisan yang masuk tidak memenuhi standar, akan kami bantu untuk menyunting, sehingga menjadi tulisan yang bisa dinikmati. Niat baik dan tulisan Anda adalah kontribusi awal yang nyata.

Jika kelak situsweb ini bisa mendatangkan iklan atau pendapatan, untuk apakah?

Sudah tentu untuk mengembangkan situsweb ini lebih baik lagi. Lalu akan dipakai untuk melakukan penelitian, penulisan dan berbagai kegiatan kreatifitas lain yang berhubungan dengan kopi, kuliner, dan gaya (hidup). Pendapatan dari situsweb minumkopi.com ini bukan untuk para inisiator dan awak redaksi.

Apalagi yang perlu kami ketahui tentang situsweb ini?

Tidak ada lagi. Mari kita berbagi dan mengembangkan Minumkopi.com bersama-sama. Nikmati setiap prosesnya, sebagaimana kita menikmati setiap seruputan kopi di mulut kita.

Struktur Redaksi Minumkopi.com

Pemimpin Redaksi: Rizki Akbari Savitri.

Redaktur senior: Puthut EA, Nuran Wibisono & Nody Arizona.

Redaktur: Aditia Purnomo & Thohirin.

Webmaster & Administrator: Purwoko Hendro Winarno