Sisa Senja Terbatas di Kopi Limited

Langit sedang terang menemani perjalanan pulang saya sore itu. Pada sebuah jalan kecil, di daerah Pesanggrahan, Bintaro, saya mampir ke sebuah kedai kopi kecil. Sebuah kedai kopi dengan gerobak dan terpal, Kopi Limited namanya.

Terletak tepat di pelataran pasar jaya Pesanggrahan, kedai kopi yang berjejer bersama tenda-tenda pedagang lainnya mulai sore hari itu menyajikan beberapa pilihan menu kopi. Tersedia di sana pilihan kopi Malabar dan Aceh Gayo. Karakter kopi yang jauh berbeda merupakan sebuah keputusan tepat dan cerdas.

Sore itu, kedai Limited sedang dijaga oleh adik dari pemilik kedai. Ia melayani pelanggan dengan penuh niat walau sedikit kikuk. Dari caranya melayani pelanggan dan membuat kopi, terlihat gugup dan bingung. Si Abang alias si pemilik kedai, kabarnya sedang narik ojek-online.

Tapi siapa sangka, kopi susu yang dibuat dengan kikuk juga terasa nikmat. Menggunakan biji kopi pilihan asal Malabar, diolah dengan espresso manual ditambah susu cair cap berlian dan gula pasir. Rasa manis kopi Malabar menyatu dengan rasa manis susu dan manis menghasilkan rasa kopi yang lembut. Benar-benar pas, tidak menghasilkan rasa kecewa di ujung hari.

Kedai Kopi Limited
Kedai Kopi Limited | © Caesar Giovanni Simatupang
Kedai Kopi Limited
Kedai Kopi Limited | © Caesar Giovanni Simatupang

Di kedai Limited, tak ada tembok yang menghalangi kita untuk melihat pemandangan sisa senja setiap harinya. Langit yang bergurat merah lapis jingga, bergantung awan, di kakinya terdapat atap-atap rumah. Menggelap perlahan seiring seruput kopi manis ala Kopi Limited.

Alunan musik terkini di kedai turut membangun suasana santai sejenak di sore hari. Suasana semakin sempurna dengan satu buku yang terhutang untuk dibaca.

Percayalah, kopi sebusuk apapun akan lebih baik dengan pengalaman menikmati sisa lukisan sang agung seperti nuansa minum kopi di Kedai Kopi Limited ini. Sebaliknya, kopi sebaik apapun akan busuk seketika bila dinikmati dengan sisa cinta yang baru hancur sehari kemarin.

Kedai Kopi Limited
Kedai Kopi Limited | © Caesar Giovanni Simatupang
Kedai Kopi Limited
Kedai Kopi Limited | © Caesar Giovanni Simatupang

Tak hanya kopi, kedai ini juga menyediakan berbagai minuman serta makanan yang cocok dipadu dengan kopi, seperti pisang bakar atau roti bakar dengan beberapa pilihan topping. Di sekitarnya, terdapat pula pilihan makanan ringan dan berat, seprti pisang cokelat, nasi uduk, hingga sop iga. Sekali berhenti, segala keinginan dan kebutuhan perut dapat terpenuhi.

Harga kopi mulai dari 8 ribu untuk satu shot espresso, 10 ribu untuk americano dan yang termahal di kedai ini, ice caramel latte dengan harga 18 ribu. Untuk satuan kopi dengan biji asli di Jakarta, kedai ini masih terbilang terjangkau dan menjangkau hampir semua kalangan. Tak perlu terlalu lama menabung untuk bisa menikmati secangkir kopi.

Tempat terbuka, hati terbuka, senja selesai sudah, sekali berakhir besok akan lagi hadir. Hari berlanjut dengan senyum karena kopi nikmat dari kedai Kopi Limited, lelah hilang, gembira datang.

Caesar Giovanni Simatupang

Peminum segala kopi yang percaya bahwa rasa tergantung pada kondisi, konteks dan konsekuensi.