Setelah Personil Jombloo.co Bergabung dengan Miko

EA Media Syndicate
Personil EA Media Syndicate

Pertengahan November 2015 lalu, seluruh awak redaksi Miko (MinumKopi.com) berkumpul di Kaliandra, Pasuruan untuk pertama kalinya ‘ngopi darat’.

Ya, maklum, karena beberapa orang pengelola situs ini walaupun telah bekerjasama selama 4 tahun, tapi hanya dilakukan melalui saling kirim surat elektronik atau pesan pendek. Belum pernah sekalipun bertemu muka, apalagi saling berpandangan mata.

Maka, jadilah, di Angkringan Mojok yang jadi titik kumpul keberangkatan ke Pasuruan, awak redaksi yang bernama Nody Arizona celingak-celinguk, karena mendapat kabar bila Purwoko Hendro Winarno telah tiba di sana. Dia tidak tahu hendak menyapa siapa, bahkan wajah webmaster Miko tak ia kenali. Di foto profil yang digunakan oleh webmaster sok misterius itu hanya sebuah sosok karikatur, itu pun jauh dari cerminan orang-orang yang ada di Angkringan Mojok. Sempat juga sih, Nody hendak menyapa perempuan manis dengan rambut sebahu yang dibiarkan tergerai karena disangkanya itulah sang Webmaster Miko. Tapi belum dia menepuk pundak perempuan itu, tiba-tiba seseorang lelaki di sampingnya sudah bertanya, “Nody, ya?” Dan Nody dengan agak terkejut berucap, “oalah, ini Mas Hendro.”

Di hari itu pula Hendro berkenalan dengan awak redaksi Miko yang lain, Nuran Wibosono dan Rizki Akbari S. Dan kami berangkat untuk bertamasya ke Pasuruan, bersama-sama kawan dari EA Media Syndicate lainnya.

Di Pasuruan, kami membahas rencana Miko untuk setahun ke depan. Salah satu awak redaksi mengusulkan untuk menambahkan rubrik baru, yakni Kuliner dan Gaya (hidup) sebagai rubrik baru di Miko. Kami yang ada di forum tersebut sudah menyepakatinya, tapi untuk melaksanakan kami belum berani. Karena perubahan yang dilakukan menanggung konsekuensi pekerjaan juga. Sedangkan para pengelola Miko sebenarnya memiliki pekerjaan lain, entah sebagai wartawan, mengelola penerbitan, kuliah, atau kepala keluarga. Sehingga, rencana penambahan rubrik tertunda pelaksanaannya.

Sampai kemudian, di Angkringan Mojok pula, pada suatu malam di awal Januari. Terjadi kesepakatan untuk melebur pengelola Jombloo.co dan Miko. Peleburan dilakukan dengan menarik tiga pemuda dengan gairah berkarya yang meletup-letup yakni Aditia Purnomo, Thohirin, dan Tri EM.

Alasan peleburan tersebut bukan karena situs Jombloo.co tidak berkembang meskipun baru. Alasan ini sungguh ditujukan untuk kebaikan, karena sejak mereka mengelola jombloo.co, besoknya pacar-pacar mereka langsung memutus hubungan asmara. Dan hampir setahun situs yang ‘Progresif, Militan dan Kesepian’ itu berjalan, keadaan asmara tak beranjak, kutukan jomblo melekat pada mereka bertiga. Jadi, Miko pun turut memohon maaf kepada segenap pembaca Jombloo.co. Keputusan tersebut benar-benar untuk kebaikan kawan-kawan muda kami, tiada yang lain.

Tetapi, dengan bergabungnya tiga pemuda tersebut membuat redaksi Miko melihat dengan lebih optimis hari-hari ke depan. Bertambahnya tiga tenaga ‘segar’, membuat kami berani mengambil keputusan untuk secepat mungkin melaksanakan rencana pada November lalu.

Selain bertambahnya personil baru, Miko juga mendapatkan sedikit rezeki dari menjalin beberapa kerjasama. Salah satunya dengan Penerbit Buku Mojok. Dari kerjasama yang dilakukan itu, kami bisa berbagi dengan para kontributor. Tak banyak memang, tapi cukuplah, karena sejak Maret 2016 para kontributor akan mendapatkan bingkisan buku dari Buku Mojok dan ‘uang ngopi’ sebesar Rp 100 ribu per artikel yang dimuat.

Semoga perubahan ini membawa kebaikan untuk semua pihak. Termasuk bagi balasruput sekalian di rumah yang sudah tak sabar menanti artikel terbaru di Miko. Oiya, sebelum pamit, Miko mesti menyempatkan diri untuk mendoakan tiga pemuda itu supaya terbebas dari kutukan jomblo.

Jangan lupa bahagia!

Redaksi Miko

Redaksi Minum Kopi

Minum Kopi.com adalah situsweb yang berusaha menjadi ‘kedai kopi bersama’, tempat orang-orang berkumpul, saling berbagi informasi dan pengalaman tentang kopi, kuliner, dan gaya (hidup).