Miko Pergi Bertualang

Ekspedisi Kopi Miko

Sejak memulai membangun situs Miko, empat tahun lalu, ada keinginan yang dinanti-nantikan segenap awak redaksi. Yakni kesempatan untuk bertualang ke kebun-kebun kopi, menimba ilmu dari petani dan membagikan kepada balasruput di seantero negeri.

Namun, segenap keinginan itu harus dipendam dengan berbagai alasan. Kesediaan waktu awak redaksi merupakan satu hal. Tetapi ada hal lain yang membuat kami ketakukan, bahkan ketika kami membayangkan, yakni betapa kayanya negeri ini akan komoditas kopi. Jika dipikir-pikir berapa waktu dan biaya yang harus kami sediakan untuk memotret kekayaan kopi Indonesia. Itu yang kadang membuat kami berpikir dua kali ketika akan bertualang.

Beberapa waktu lalu, ketika ide untuk menggelar petualangan muncul lagi. Maka kami harus menyingkirkan berbagai alasan yang menahan kaki bergerak. Dan langkah kaki, sekalipun berjangkauan kecil, tetap perlu dilaksanakan.

Kami pun merancang sebuah petualang kecil dan dilaksanakan dalam jangka waktu dua pekan. Karena itu kami memberi membatasi ruang jelajah di satu teritori. Setelah berembug, maka kami melirik Jawa bagian timur. Mencakup empat kabupaten yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Di daerah tersebut, setidaknya ada belasan titik daerah penghasil kopi. Salah satunya ialah kebun Blawan dan Jampit yang terletak di Pegunungan Ijen yang telah bertahan ratusan tahun. Di sana pula terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) yang mempunyai peran penting dalam mengembangankan komoditas kopi Indonesia.

Pada kesempatan istimewa ini pula kami hadir tidak seperti biasanya. Jika di hari-hari biasa kami hanya menyajikan satu artikel per hari, maka selama dua pekan ke depan, kami akan menyajikan dua artikel setiap harinya. Satu artikel akan kami tayangkan sebagai teman minum kopi balasruput di pagi hari dan satu lagi, akan kami tayangkan di sore hari sebagai teman ngopi sore.

Aduh, ternyata kopi Miko telah tandas. Itu barangkali tanda bagi kami untuk melanjutkan bertualang lagi.

Selamat menikmati sajian pertama Ekspedisi Kopi Miko.

Redaksi Minum Kopi

Minum Kopi.com adalah situsweb yang berusaha menjadi ‘kedai kopi bersama’, tempat orang-orang berkumpul, saling berbagi informasi dan pengalaman tentang kopi, kuliner, dan gaya (hidup).