Menikmati Ayam Betutu Pulau Dewata

Warung Ayam Betutu Men Tempeh
Warung Ayam Betutu Men Tempeh | © Ida Bagus Made Adnyana

Bali memang terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budayanya, namun tahukah jika pulau itu juga menyimpan wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Ada babi guling, sate lilit, lawar, atau ada ayam betutu. Khusus untuk yang terakhir, mungkin Anda perlu coba mengunjungi Warung Ayam Betutu Men Tempeh di ujung barat Pulau itu, tepatnya di Kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

Lokasi Warung Ayam Betutu Men Tempeh berada di areal terminal lama Gilimanuk, kurang lebih 500 m dari areal pelabuhan penyebrangan Gilimanuk. Ketika masuk di terminal lama akan terlihat kurang lebih 5 warung ayam betutu berjejer. Kelimanya memang bernama warung ayam betutu. Karena dari papan warung mereka menulis warung ayam betutu Men Tempeh.

Pertanyannya, yang manakah yang benar-benar asli Men Tempeh? Warung Ayam Betutu Men Tempeh mengambil lokasi paling atas, sedangkan warung ayam betutu lainnya merupakan warung ayam betutu yang dikelola oleh saudara-saudara ataupun bekas karyawan Men Tempeh. Warung Ayam Betutu Men Tempeh yang benar-benar asli adalah warung yang memajang foto sosok mendiang Men Tempeh.

Siapakah Men Tempeh?

Men Tempeh (Ibu Tempeh) konon adalah perintis masakan ayam betutu di Gilimanuk. Nama asli dari Men Tempeh yang kini jadi merek terkenal ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh perempuan asli Gianyar, Bali. Pada 1976, bersama suaminya, I Nyoman Suratna, lelaki dari Bangli mendirikan warung makan ayam betutu. Seiring waktu warung mereka terkenal hingga kini karena cita rasanya yang khas. Warung Ayam Betutu Men Tempeh, sesuai namanya, adalah ayam betutu dan betutu goreng. Ciri khas dari kedua makanan ini adalah sambalnya yang super pedas dengan cita rasa yang lezat.

Seporsi Ayam Betutu
Seporsi Ayam Betutu | © Ida Bagus Made Adnyana
Foto Men Tempeh
Foto Men Tempeh | © Ida Bagus Made Adnyana

Ayam betutu adalah ayam yang diolah dengan cara dikukus bersama bumbu dalam waktu yang cukup lama. Bumbu yang dipakai adalah campuran bumbu lengkap (basa genep) yang membuat masakan ini terasa khas di lidah. Bumbu dimasukkan ke rongga perut ayam supaya lebih meresap ke dalam daging. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung, sehingga dagingnya terasa empuk dan gurih.

Selain dengan sayur urab, ayam betutu disajikan dengan sambal pedas. Ada dua jenis sambal, yaitu sambal mentah (matah) dan sambal terasi. Ciri khas sambal mentah adalah minyak yang digunakan minyak kelapa asli. Tambahan minyak kelapa asli membuat pedasnya sambal sangat terasa. Kacang tanah goreng juga disajikan sebagai pelengkap menu. Kriak kriuk renyahnya kacang goreng membuat rasa ayam betutu ini tambah mak nyus .

Jika Anda tidak suka ayam betutu yang terlalu pedas, ayam betutu goreng bisa dijadikan pilihan. Ayam betutu yang digoreng, rasa pedasnya akan sedikit berkurang. Untuk tetap menjaga citarasa, minyak yang dipakai menggoreng juga minyak kelapa asli.

Ayam Betutu Men Tempeh juga pas sebagai oleh-oleh khas Bali. Kemasan oleh oleh ayam betutu Men Tempeh menggunakan anyaman bambu. Sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Ayam betutu ini bisa tahan selama 1 hari.

Untuk satu potong ayam betutu, harganya kisaran Rp90.000 – Rp100.000. Cukup terjangkau bukan? Kalau penasaran, kalau datang ke Bali jangan lupa mampir ke warung Ayam Betutu Men Tempeh. Dijamin akan ketagihan.

Ida Bagus Made Adnyana

Penikmat kopi hitam.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/phw/miko/xcode/class-wp-comment-query.php on line 405