Menikmat Malam di Kota yang Lurus

Canda, Ria dan Tawa (CARITA)
Canda, Ria dan Tawa (CARITA) | © Imam B. Carito

Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau ku tinggalkan

Nama Kota Kecil ini adalah Cilegon. Berasal dari kata bahasa Sunda “Ci” atau “Cai”, yang berarti “air”. Bertemu dengan kata “Legon” atau “Melegon” yang berarti “cekungan”. Jadi Cilegon bisa diartikan sebagai cekungan atau kubangan air.

Legon sepintas juga terdengar seperti kata “Laguna” atau “Lagoon”. Dalam bahasa Inggris kata ini artinya danau di pinggir laut. Yah, Cilegon memang terletak dipinggir laut, maka jangan heran kalau sampai di Cilegon kamu bakal gerah body. Kalau mantan udah move on, baru deh gerah hati.

Walaupun namanya berasal dari kata “Legon” yang berarti cekungan, kota ini justru disebut oleh penduduk setempat sebagai Kota Lurus. Sampai-sampai ada yang bilang, “Jika suatu kali kamu berjalan-jalan dan jalanannya lurus terus, berarti kamu sudah nyasar ke kota Cilegon”.

Jalanan di Kota Cilegon memang hanya satu arah, dari Kota Serang hingga Pelabuhan Merak. Kalaupun kamu terlalu sial untuk kesasar, satu-satunya tempat yang mungkin adalah Anyer. Bukan tempat yang buruk untuk nyasar, kok. Ya semacam kamu dengan pacarmu yang hubungannya lurus-lurus saja, dan nyasar ke mantan saat bosan.

Andaikan kau datang kembali
Jawaban apa yang kan kuberi
Adakah jalan yang kau temui
Untuk kita kembali lagi

Jujurlah, lurus tanpa tikungan itu kadang membosankan dan kurang tantangan.

Kota Cilegon menyediakan apapun di sepanjang jalan lurus yang kau lewati. Mall, Bioskop, Kedai Fast Food macam KFC, McD, dan tentu saja Kedai Kopi. Untuk yang satu ini, jika kamu beruntung sampai di Cilegon saat tengah malam, mampirlah di Kedai Ngopi.

Papan besar yang terpajang di depan kedai ini memang bertuliskan “Kedai Ngopi”. Tapi jangan tertipu, karena nama sebenarnya adalah Kedai Ngopi Carita. Letaknya tepat di depan Hotel Gondang Cilegon, jadi mudah ditemukan. Carita adalah singkatan dari “Canda Ria dan Tawa”. Jadi, buat kamu yang suka galau malam hari, Kedai Ngopi Carita ini cocok banget.

Untuk sebuah kedai kopi, Carita memang khusus menyediakan kopi sebagai menu utamanya. Dari sekian banyak varian origin coffee, kedai Ngopi Carita menyediakan 13 jenis single origin yang bisa kamu coba.

Dimulai kopi dari daerah Sumatra yang diwakili oleh Kopi Sidikalang dan Mandailing atau Mandheling. Untuk kopi dari Pulau Jawa diwakili oleh kopi Pangalengan (Jawa Barat) dan Mocha Java. Ada juga kopi Bali Kintamani yang melengkapi varian origin coffe. Untuk kopi daerah timur Indonesia, kedai Ngopi Carita menyediakan Kopi Toraja Kalosi, Kopi Papua Wamena, Kopi Gowa Sulawesi, dan Kopi Bajawa Flores.

Kedai Ngopi Carita Dari Depan
Kedai Ngopi Carita Dari Depan | © Imam B. Carito
Varian Origin Coffee Pulau Jawa
Varian Origin Coffee Pulau Jawa | © Imam B. Carito

Kopi yang tersedia di Kedai Ngopi Carita rata-rata merupakan kopi Arabica. Tapi jangan khawatir, buat kamu yang suka Robusta, Carita menyediakan Kopi Bali Robusta. Sedangkan untuk menu varian kopi sendiri, ada sekitar 30 menu yang siap kamu pilih. Jika kamu ingin mengenang masa manis bersama pasangan, secangkir cappucino atau moccacino tentu pilihan tepat. Atau mungkin kamu lebih memilih double shoot origin coffe, untuk mengenang masa-masa pahit yang kamu lalui berdua bersama kekasih.

Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu kepadaku
Engkau .. kan menunggu

Gaya Old School yang diusung sebagai konsep dekorasi ruang, memungkinkan kamu bernostalgia dalam kenangan-kenanganmu. Sedangkan lukisan graffiti dinding ruangan memungkinkanmu kita untuk mengabadikan momen-momen manis bersama kawan, gebetan, atau kekasih. Menyimpannya untuk kamu kenang di masa yang akan datang.

Meja dan kursi kayu yang tersedia cukup nyaman untukmu menghabiskan malam atau sekedar berdiam dengan buku bacaan. Oh, juga jangan lupa perhatikan lampu-lampunya. Didesain cantik dari botol bekas dengan warna warni lampu menjadikan penerangan yang eksotis, tentu saja.

Kedai Ngopi Pukul 03.00 Pagi
Kedai Ngopi Pukul 03.00 Pagi | © Imam B. Carito

Carita buka sejak pagi hari, kira-kira jam 6 atau 7 pagi, karena Carita ingin mengembalikan budaya ngopi di pagi hari. Walaupun tidak buka 24 jam penuh, Carita adalah satu-satunya tempat ngopi yang buka dan tutup paling pagi di Cilegon. Di Carita, kamu juga bisa belajar dan ngobrol banyak tentang kopi dan hal-hal lain sepuasmu. Karena Carita memang dibangun sebagai sarana edukasi nongkrong sehat. Jangankan sampai larut malam, sampai pagi sekalipun akan dilayani. Karena di Carita tidak ada cerita pelanggan diusir karena kemalaman.

Jika di tengah malam kamu kelaparan, Carita juga menyediakan cemilan atau sekadar makanan pengganjal perut, kok. Buat yang suka manis, ada singkong karamel dan Sweet Fried Banana alias pisang goreng nan manis. Kalau mau yang agak berat, ada kwetiau goreng sapi ataupun seafood yang bisa kamu cobain. Jadi jangan sampai kelaparan, apalagi sambil ingat mantan, duh derita tak tertahankan.

Kalau kebetulan kamu lagi pengen nonton bola, tapi sepi sendirian enggak ada teman, datang saja ke Kedai Ngopi Carita. Selain kesendirianmu akan hilang, kamu juga bisa nambah teman. Siapa tahu dapet gebetan, daripada ngegebet pacar teman. Karena ini Kedai Ngopi Carita, maka di sini kamu bisa ngopi sambil Canda, Ria dan Tawa, supaya kamu tidak lupa bahagia.

Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini ku akhiri

Imam B. Carito

Belum jadi apa-apa. Masih pengen jadi sesuatu. Suka membaca, masih belajar menulis. Suka kopi item, kopi susu dan kopi tahlil.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/phw/miko/xcode/class-wp-comment-query.php on line 405