Kopi Kimung Margonda “Rumah Seni Minum Kopi”

Margonda, Depok, persimpangan jalan kehidupan mengulang penuh lelah dikeluhkan oleh pemikulnya. Akses yang menghubungkan warga depok dengan Jakarta ini mungkin hanya sepi beberapa jam sebelum subuh. Barisan mobil parkir di kiri jalan, diselingi dengan angkutan kota yang mencari penumpang berhenti sedikit ke tengah, ditambah dengan orang-orang menyeberang yang tiada kunjung habis merupakan tantangan terbesar untuk melintas. Jalanan akses ini kini hampir penuh dengan kegiatan ekonomi.

Di sekitaran semerawut jalan Margonda, terdapat sebuah kedai kopi yang telah menjadi saksi bisu perkembangan jalan ini. Kedai itu bernama Kedai Kopi Kimung, dengan jargon “Rumah Seni Minum Kopi.” Sebenarnya, kedai ini memiliki tiga cabang, namun yang paling strategis dan menggoda adalah satu yang terletak di Margonda. Letaknya tak jauh dari gang menuju Universitas Guna Darma Margonda dan berada di deretan yang berseberangan dengan Margonda Residence.

Kedai-kedai Kopi Kimung.
Kedai-kedai Kopi Kimung “Rumah Seni Minum Kopi.” © Caesar Giovanni Simatupang

Kedai ini memiliki interior yang eklektik, dengan beberapa deret meja untuk yang datang berpasangan dan beberapa lagi untuk yang datang bergerombol. Tempatnya pun tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil, sederhana dan sangat cukup. Hal itulah yang membuat kedai ini luar biasa, paduan konsep tempat, menu, kualitas dan harganya pas. Kedai ini memiliki konsep yang simpel, cukup namun berkualitas dalam rasa.

Saat hendak masuk ke dalamnya, kita akan terlebih dahulu masuk dengan membuka sebuah pintu geser dan akan segera merasakan sejuk yang pas untuk mengobrol atau menghabiskan waktu bersama teman. Jika Anda ingin suasana dengan udara yang sejuk natural atau Anda seorang perokok, disediakan tempat di lantai dua untuk Anda. Lengkap pula dengan pemandangan jalan Margonda yang selalu terdapat kendaraan yang ramai melintas.

Sajian rekomendasi di kedai ini adalah kopi dengan nama kedai ini sendiri, kopi Kimung. Kopi ini nikmat untuk sajian panas ataupun dingin. Menu ini adalah kopi susu yang khas dari kedai ini. Diracik dengan kopi khas dari Kimung dengan campuran susu kental manis, menghasilkan rasa kopi yang mantap dan unik. Rasa kopi yang dihasilkan tidak terlalu manis, malah cenderung manis dan sangat menyisakan rasa gurih, khas kopi arabika Jawa. Sangat direkomendasi untuk Anda yang menyukai kopi susu atau Anda yang tidak suka kopi yang terlalu pahit.

Kalau Anda menyukai sajian kopi dingin, es kopi Kimung juga dapat memenuhi harapan Anda. Rasa kopi susunya akan sangat memanjakan lidah. Cocok untuk menjadi teman saat mengerjakan tugas atau menyelesaikan cicilan pekerjaan yang belum selesai.

Yang membuat kopi Kimung ini nikmat, selain biji kopinya, adalah metode seduh vietnam drip yang menghasilkan rasa kopi yang khas. Dengan begitu, rasa pahit kopi dapat terkurangi dan rasa manis menjadi lebih dominan. Sangat tepat untuk dicampur susu, karena perpaduan rasa manisnya akan menambah kekayaan rasa kopi. Untuk harga Kopi Kimung sangat bersahabat, sajian panas dibanderol Rp.13.000 dan dingin Rp. 15.000.

Sajian khas kedai: Kopi Kimung Panas dan Kopi Kimung Dingin.
Sajian khas kedai: Kopi Kimung Panas dan Kopi Kimung Dingin. © Caesar Giovanni Simatupang

Kedai ini juga menyediakan berbagai macam cemilan yang pas untuk menjadi pelengkap minum kopi. Mulai dari singkong goreng sampai pisang goreng dengan topping yang dapat Anda pesan sesuai selera. Rekomendasi untuk Anda, cobalah sambal roa yang ada di kedai ini dengan gorengan yang Anda sukai.

Kimung tidak hanya sebatas itu. Ada pula sajian makanan berat seperti mie nyemek khas Kimung ataupun rawon, yang berhasil mematahkan pepatah modern “Jangan membeli kopi di rumah makan, dan jangan pula membeli makanan di kedai kopi”. Cobalah pesan mie nyemek Kimung bila Anda menyukai mie. Bagi Anda pecinta rawon, Kedai Kopi Kimung ini juga memiliki rasa rawon yang siap dibandingkan dengan rawon-rawon lainnya. Masih ada beberapa menu makanan yang dapat Anda pesan disana. Varian harga menu camilan sangat bervariasi, mulai dari Rp. 13.000 hingga Rp. 65.000.

Lengkap rasanya Kedai Kopi Kimung untuk menjadi satu tempat untuk ngopi, ngobrol, makan atau bahkan rapat. Tempatnya yang nyaman membuat Anda betah untuk berlama-lama berada disana. Sajian dalam daftar menu kedai ini juga terjamin rasanya. Kopi yang khas dan makanan yang lezat membuat siapapun dapat menyukai Kedai Kopi Kimung ini.

Berhenti sejenak dari kemacetan Margonda atau berwisata kopi ke kedai ini dapat membuat hati bahagia. Selamat mencoba.

Caesar Giovanni Simatupang

Peminum segala kopi yang percaya bahwa rasa tergantung pada kondisi, konteks dan konsekuensi.