Kedai Ngopi Ngopi: Sebongkah Harta Karun di Bintaro

Plang Khas Kedai Ngopi Ngopi
Plang Khas Kedai Ngopi Ngopi | © Caesar Giovanni Simatupang

Di tengah arus deras gelombang budaya kopi generasi ketiga dan menjamurnya kedai kopi di Indonesia, khususnya Jakarta. Berburu sebuah kopi espresso dengan harga yang terjangkau dan tempat dengan suasana yang unik untuk menikmati kopi bukanlah hal yang mudah.

Kedai yang didirikan sekitar 4 tahun lalu ini adalah sebuah jawaban di tengah situasi ini. Namanya Ngopi Ngopi, sebuah nama sederhana untuk mencerminkan sebuah jati diri. Namun, dibalik sebuah kesederhanaan dan tempat yang tidak terduga, terdapat kualitas. Inilah sebongkah harta karun yang saya temukan di Bintaro.

Kedai kopi ini berdiri di tengah sebuah Food Court di Lotte Mall Bintaro. Sejak awal dibukanya, kedai ngopi ngopi sedikit terdepan dari kedai-kedai kopi yang sedang menjamur lainnya. Tulisan yang menjelaskan bahwa kedai ini menggunakan 100% kopi Indonesia selalu terpampang di latar, di atas mesin kopi kedai ini.

Kedai ini karena berada di area yang tidak bebas dari asap rokok walau berada di dalam sebuah pusat perbelanjaan. Di Jabodetabek, terdapat aturan daerah yang tidak memperkenankan merokok di area dalam pusat perbelanjaan. Yha, Indonesia selalu Indonesia, aturan tetap aturan, penegak hukum tetaplah manusia. Sang barista mengaku lokasi dan kondisi mall ini memberikan banyak manfaat bagi keberlangsungan kedai kopinya yang juga turut bersaing dengan franchise kopi lain yang letaknya lebih strategis di mall ini.

Papan Menu Sajian Kedai Ngopi Ngopi
Papan Menu Sajian Kedai Ngopi Ngopi | © Caesar Giovanni Simatupang

Kedai kopi ini berkomoditas 4 jenis minuman, yakni kopi, teh, cokelat dan frappe/blended. Kesemuanya memiliki keseriusan masing-masing dari segi rasa, karena memang digarap dengan serius oleh sang barista. Minuman di kedai ini terjual secara rata dan semua punya penggemarnya masing-masing.

Harga rerata kopi berbasis espresso di Jakarta adalah 20.000 hingga 50.000 IDR dalam berbagai macam jenis paduannya dengan susu ataupun cokelat. Hal ini tidak lantas membuat harga kopi di kedai atau lebih tepat disebut sebagai sebuah booth kopi naik mengikuti harga yang melayang di pasaran.

Semenjak memutuskan untuk menaikkan harga, kopi di kedai ini berkisar antara 16 ribu hingga 22 ribu rupiah untuk minuman panas dan dingin yang bukan blended. Sedangkan, untuk harga minuman blended atau di kedai ini disebut “Dingin Banget”, dibanderol hingga 28 ribu rupiah.

Selain kopinya yang termasuk terjangkau untuk ukuran ekonomi Jakarta, kedai ini memiliki suasana unik yang tidak terlalu tenang, kadang terlalu riuh, tidak pula sesunyi pegunungan Alpen. Anda dapat menikmati waktu sendiri Anda, tanpa merasakan kesendirian yang kadang menyayat.

Menikmati kopi di kedai ini, kadang Anda serasa diguyur dengan gelak tawa anak-anak yang sedang bermain di seberang, di kawasannya. Atau bahkan kadang tangis jerit anak yang waktu bermainnya telah habis dan harus segera pulang. Sayup-sayup pula terdengar peringatan studio bioskop yang sudah dibuka atau pertunjukkan film telah dimulai. Telinga Anda juga akan dipenuhi dengan jingle wahana permainan anak yang mengiringi kereta mini yang berputar sesekali di hadapan Anda.

Ditemani meja dan kursi yang terbuat dari kayu pohon besar, Kedai ini dapat menjadi pilihan Anda untuk datang bersama teman, keluarga ataupun pacar Anda. Bila Anda adalah seorang penikmat kopi hitam, pesanlah menu kopi hitam yang memiliki rasa dengan body yang kuat dan after taste pahit yang pas. Kenikmatan kopi ini selalu ada dalam sajian panas maupun dingin.

Bagi Anda yang menyukai campuran kopi dan susu, cobalah kopi putih atau sajian café latte yang khas dari kedai Ngopi Ngopi ini. Rasakan manis susu yang juga ditemani rasa asam tipis di atas lidah Anda. Lengkap dengan rasa pahit yang menyisa di bagian pinggir dan belakang lidah Anda. Sajian panas kopi susu ini membuat mata Anda akan terbelalak kembali, dan sajian dinginnya membawa kesegaran sekaligus semangat baru untuk bercerita atau melanjutkan aktivitas.

Tidak hanya kopi yang menjadi harta karun di kedai ini, tapi juga sajian minuman dinginnya yang benar-benar segar. Datanglah dan nikmati segarnya es teh hijau susu disini. Manis susu dan rasa khas teh hijau menjalar di lidah hingga ke seluruh tubuh, membuat suasana bercerita semakin seru.

Diam-diam, selain untuk duduk-duduk santai, kedai ini cocok untuk menjadi tempat untuk menunggu mulainya film bioskop, atau menunggu pasangan Anda berbelanja, atau duduk sambil menunggu dan mengawasi anak Anda bermain.

Sampai bertemu di kedai Ngopi Ngopi.

Caesar Giovanni Simatupang

Peminum segala kopi yang percaya bahwa rasa tergantung pada kondisi, konteks dan konsekuensi.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/phw/miko/xcode/class-wp-comment-query.php on line 405