Istana Lele: Pelipur Bosan Bagi Penikmat Sea Food

Hidangan Menu Istana Lele
Hidangan Menu Istana Lele | © Rotan

Menuliskan tentang pengalaman di Istana Lele membuat saya bekerja keras menahan liur yang penuh dimulut dan bila tak terbendung akan menetes. Memori terpanggil lagi bagaimana rasa ikan lele bakar yang luar biasa. Ikan lele biasanya hanya sederhana di goreng, di Istana lele Ikan air tawar ini mendapat sentuhan khusus, dengan bumbu rahasia yang benar-benar nikmat.

Banyak media menulis tentang Istana Lele dan kurang bisa menggambarkan hebatnya, dan memang ternyata sangat sulit menggambarkan rasa Lele Bakar di Rumah makan ini. Tapi memang kata “Nikmat” adalah keseluruhan dari perpaduan segala yang ada dalam seporsi lele bakar dengan bumbu dasar kemiri dan bawang putih ini.

Ikan Lele Bakar Istana Lele
Ikan Lele Bakar Istana Lele | © Rotan

Berkunjung ke Istana Lele justru membuat saya menyimpan pertanyaan. Mengapa menjual masakan ikan air tawar justru di daerah pesisir?

Situbondo, kabupaten tempat dimana Istana Lele berlokasi merupakan daerah pesisir utara pulau Jawa. Berbatasan dengan selat Madura di sebelah utara dan selat Bali di sebelah timur membuat Situbondo memiliki kurang lebih 150 km garis pantai. Dengan keadaan geografisnya, menurut beberapa bacaan, Situbondo menjadi tempat penangkapan ikan laut, pengolahan hasil laut, serta pembenihan budidaya air laut. Ikan tongkol, layang, kembung, lemuru, dan beberapa jenis ikan lainnya menjadi jenis yang biasa ditangkap oleh 13.000 orang yang berprofesi sebagai nelayan Situbondo.

Namun, jika kita melewati Pantai Utara (Pantura) menuju Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, kita justru menemukan papan nama berukuran besar bertuliskan Istana Lele. Rumah makan yang menjual masakan ikan air tawar di lingkungan pesisir.

Pada kunjungan saya ke Istana Lele, saya bertemu dengan Dedi, pemilik dan pengelola Istana Lele. Saya langsung mengutarakan pertanyaan yang membuat saya penasaran.

“Sulit,” Jawab Dedi yang membuat saya semakin bingung ketika saya bertanya kenapa di daerah pesisir justru menjual masakan ikan lele bukan sea food.

“Kan dekat laut, Mas. Kok bisa sulit cari ikan laut?” Dahi saya mengekerut tanda bingung.

“Sulit pelanggannya.” Balas Dedi.

“Apa mereka bosan ya?” Pertanyaan yang tidak sepenuhnya saya ajukan.

Saya tidak mendapat jawaban yang memuaskan dari pertanyaan apakah orang-orang sekitar Situbondo bosan dengan sea food. Anggap saja Dedi menjawab ‘bisa jadi’.

Namun Istana Lele bukan berawal dari menangkap kebosanan warga Situbondo dengan sea food. Istana Lele merupakan usaha keluarga. Orangtua Dedi mendirikan Istana Lele sejak tahun 2002. Awal Istana Lele berdiri karena keluarga Dedi memiliki usaha ternak ikan lele namun kemudian budidaya tersebut tak berhasil. Orangtua Dedi mulai mengolah ikan lele dan baru kemudian terpikirkan membuka warung kecil yang menjual ikan Lele bakar sebagai menu utamnya.

Awalnya Istana Lele bertempat di sebuah rumah dinas Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (BALITTAS) tak jauh dari tempat Istana Lele kini berada. Pelanggannya awalnya adalah para santri dari pesantren Sukorejo dan warga sekitaran yang memang tak jauh dari Istana Lele berada.

Istana mulanya berada di lokasi jauh dari kata strategis. Dari jalan raya masuk sekitar 100 meter, namun anehnya usaha warung lele bakar ini semakin laris manis.

Menu di Istana Lele
Menu di Istana Lele | © Rotan
Gazebo Istana Lele
Gazebo Istana Lele | © Rotan

Kini Istana Lele tak jauh dari jalan raya dan menjadi rumah makan yang memiliki gazebo-gazebo sebagai tempat menikmati hidangan. Istana Lele juga menyediakan ikan laut untuk warga Situbondo yang belum bosan ikan laut dan untuk warga luar kota yang ingin mencicipi ikan laut Situbondo.

Ikan Lele tentu menjadi menu utama Istana Lele. Ikan lele dibakar dengan lumuran bumbu dasar bawang putih dan kemiri. Sebenarnya letak kekhasan dari lele bakar selain bumbunya yang unik dan mantap adalah ada teknik khusus dalam memanggangnya dan hanya pemanggang yang sudah mendapat pelatihan khusus dapat memaksimalkan cita rasa ikan lele dan perpaduan bumbunya menjadi menyatu. Ikan lele bakar disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal. Ikan lele yang akan diolah dan disajikan diambil langsung dari kolam yang ada di Istana Lele.

Jika seperti saya yang kebetulan melintas Jalan Raya Banyuwangi yang panjang, Istana Lele bisa jadi tempat istirahat sembari sarapan hingga makan malam karena jam buka mulai jam delapan pagi sampai sembilan malam. Atau jika sedang berkunjung ke Situbondo dan ingin mendapat makanan selain ikan laut, ragam menu di Istana Lele bisa menjadi pilihan.

Rotan

Bersama mas Kernet Menjadi Volunteer Sokola Kaki Gunung.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/phw/miko/xcode/class-wp-comment-query.php on line 405