Berburu Karya Seni Lokal di Art Market Jakarta 8

Saat ini industri kreatif di Indonesia semakin berkembang dengan peminat yang kian bertambah. Banyak acara seni digelar untuk mewadahi para seniman visual, illustrator, dan brand kreatif lokal yang mempertontonkan serta menjual hasil karya mereka. Salah satunya ialah Art Market Jakarta 8 yang diadakan pada 8-10 Desember 2017 pekan lalu bertempat di Kuningan City Mall.

Art Market Jakarta 8 merupakan bazar karya seni dan produk kreatif lokal yang berbasis ilustrasi dan diusung oleh Catalyst Arts. Platform seni visual tersebut memiliki tujuan untuk mengenalkan hasil karya para seniman di Indonesia melalui berbagai acara seperti bazar karya seni.

Tak hanya dapat berbelanja hasil karya seniman lokal, di Art Market Jakarta 8 pengunjung juga bisa berinteraksi dan mengobrol langsung dengan seniman favorit mereka. Pada sesi Affordable Arts, para seniman menyuguhkan hasil karya mereka dan berbagi kisah inspiratif di balik karyanya kepada pengunjung. Para pengunjung pun bisa membeli berbagai karya seni itu.

Berbagai karya seni seniman lokal yang dipamerkan di Art Market Jakarta 8
Berbagai karya seni seniman lokal yang dipamerkan di Art Market Jakarta 8, Jumat (812). | © Jeannita Kirana
Beberapa pengunjung Art Market Jakarta 8 sedang melihat beragam karya yang dipamerkan di Affordable Arts
Beberapa pengunjung Art Market Jakarta 8 sedang melihat beragam karya yang dipamerkan di Affordable Arts, Jumat (812) | © Jeannita Kirana

Selain itu, bazar karya seni dan art merchandise yang diadakan rutin tiap tahun ini juga mengadakan beberapa workshop gratis dan berkolaborasi dengan Kitty Manu.

Workshop tersebut di antaranya tentang Handcrafted Holiday Greeting Cards, Pinback Button Badge, Pattern Botanical Collage, dan Instax Photo Frame in a Pot. Asyiknya, semua karya yang telah dibikin oleh para pengunjung dapat mereka bawa pulang.

Ada pula Live Collage and Exhibition di mana Resatio seniman Indonesia yang terkenal dengan karya kolasenya bersama enam orang seniman kolase lain yaitu Piganta, Elsadiora, Fajar Domingo, Grace Joetama, Ika Vantiani, serta Karin Josephine yang membuat karya kolase secara langsung di Art Market Jakarta 8.

Setelah selesai dibuat, kolase-kolase itu dipajang dan bisa dibeli oleh para pengunjung.

Salah satu booth dari Idamkhar dan Tresaugust yang ramai didatangi pengunjung di Art Market Jakarta 8
Salah satu booth dari Idamkhar dan Tresaugust yang ramai didatangi pengunjung di Art Market Jakarta 8, Jumat (812). | © Jeannita Kirana

Acara yang mampu menggaet ribuan pengunjung ini menghadirkan talkshow menarik seputar art merchandising. Beberapa seniman visual dan ilustrator lokal menjadi pembicara dalam talkshow ini yakni Diela Maharani, Inez Tiara (Kelly’s and Co), Ratri Kartika Sari (Daging Tumbuh), Debbie Tea (Pantainanas), Fauzy Prasetya (Kandura Studio), Resatio, dan Elfandiary (Fave Team).

Talkshow tersebut mengupas tentang bagaimana para seniman lokal menghasilkan karya seni yang memiliki nilai jual serta tips and trick di dunia art merchandising.

Sementara itu, menurut Elfandiary, ilustrator yang tengah bekerjasama dengan band Barasuara dalam pembuatan merchandise ini, Art Market Jakarta menjadi tempatnya bertemu dengan para penikmat karyanya.

“Acara Art Market Jakarta bisa menjadi wadah bagi para kolektor seni untuk membeli karya seniman kesukaan mereka dengan harga yang terjangkau,” kata pria yang akrab disapa Elfan ini, Selasa (12/12).

Salah satu pengunjung, Fadjri Arief mengatakan, Art Market Jakarta 8 merupakan acara yang sangat menarik untuk dikunjungi sebab tak hanya menjual berbagai karya seni yang inspiratif tapi juga menghadirkan beragam workshop dan talkshow. “Senang banget, workshop-nya bisa menambah ilmu, apalagi hasil karya kita bisa langsung dibawa pulang,” ujarnya Rabu (13/12).

Jeannita Kirana

Penulis dan event enthusiast